Bencana Banjir

BLANDONGAN- Januari Musim hujan merupakan alarm bagi warga desa Blandongan, hal ini mengingat desa Blandongan termasuk salah satu desa yang rawan bencana tanah longsor dan banjir. Prediksi akan datangnya bencana memang terjadi lagi di awal tahun 2019. Tepatnya pada hari senin sekitar pukul 15.30  wib hujan yang turun cukup deras sejak siang hari hingga menjelang ashar mengakibatkan beberapa sungai di desa Blandongan tidak mampu lagi menampung debit air. Akibatnya sungai Cikabuyutan dan sungai Cimulih memuntahkan luapan airnya hingga ke pemukiman warga di dukuh Dawolong sementara sungai Cikabuyutan memporakporandakan lahan pertanian di Blok sawah palayangan.

Beberapa rumah penduduk yang ada di dukuh Dawolong terpaksa harus dikosongkan sementara waktu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. sementara para petani yang memiliki sawah di blok palayangan juga banyak yang mengalami kerugian hingga puluhan juta akibat lahan pertanianya diterjangn banjir. Ada sekitar 13 hektar lahan yang terdampak banjir di blok Palayangan. ditambahkan pula, menurut ketua P3A desa Blandongan, Tarlan, masih ada beberapa lokasi yang terkena bencana banjir dan tanah longsor, terutama yang ada di sekitar bantaran sungai Cikabuyutan.

Spekulasi pun bermunculan, menurut kepala Desa Blandongan salah satu faktor terjadinya tanah longsor dan banjir akibat gundulnya hutan di kawasan gunung Kumbang yang selama ini menjadi penyangga resapan air hujan. JDB-TRN

g

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Laman