GUNUNG KUMBANG

Gunung Kumbang- Puncak Tertinggi–

GK atau Gunung Kumbang merupakan sebuah gunung yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Gunung Kumbang merupakan salah satu titik tertinggi di jajaran Pegunungan Pojoktiga-Lio. Gunung Kumbang secara administrasi berada di perbatasan Kecamatan Ketanggungan- Kecamatan banjarharjo dengan Kecamatan Salem di Kabupaten Brebes. Gunung Kumbang ini mempunyai ketinggian 1.211 meter di atas permukaan air laut Mdpl. Di sekitarnya terdapat puncak lainnya seperti Puncak Sagara (1.109 Mdpl), Puncak Jojoktelu (1.129 Mdpl) dan Puncak Payung (845 Mdpl). Sungai yang berhulu di gunung ini antara lain Sungai Cibentar, Sungai Cikumbang, Sungai Cibatu, Sungai Cikamuning, Sungai Cirambeng, sungai Cikabuyutan dan Sungai Ciseureuh.
Gunung Kumbang memiliki keunikan tersendiri jika dirunut dari sejarahnya ternyata nama Gunung Kumbang sudah ada dalam Naskah Sewakadarma karangan Buyut NI Dawit seorang pertapa di era Padjajaran. Buyut Ni Dawit tinggal di padepokan Puru Bancana yang ada di puncak gunung Kumbang. Di tempat inilah ia menghasilkan karya sastera bermutu tinggi yang bahkan menjadi rujukan kitab-kitab kuno lainnya seperti Kandang Kresyan. Kitab karangan Buyut Ni Dawit tersimpan di perpustakaan nasional Jakarta.
Lain sejarah lain juga mitos tentang gunung Kumbang. Menurut sebagian orang gunung kumbang bagian utara bahkan dulunya akan dijadikan Cirebon Girang atau Cirebon Selatan jika saja Mbah Buyut Ditawangsa bisa memenuhi beberapa persyaratannya. Jika anda ingin tahu lebih jauh tentang Cirebon Girang, datang saja ke desa Blandongan, kita diskusi dengan para tetua kampung sangat fasih jika di suruh menceritakan sejarah tutur “sejarah peteng”. ( JDB-CSM ).

Close

Laman