SISWA SMK BELAJAR BERTANI DI BLANDONGAN

BLANDONGAN-SISWA SMK MANARUL HUDA BANJARHARJO

Sebagai sekolah Pertanian yang merupakan satu-satunya di wilayah Kecamatan Banjarharjo. SMK Islam Terpadu Manarul Huda senantiasa konsisten untuk memberikan yang terbaik kepada para siswanya. Untuk lebih memantapkan kompetensi di bidang pertanian mereka mengadakan sekolah lapangan atau SL ke Desa Blandongan yang merupakan desa dengan mayoritas penduduknya bermata pencaharian petani.
Rombongan civitas Akademika SMK IT Manarul Huda dipimpin langsung oleh kepala sekolah Tolib.SH dan Waka Kurikulum Toto Sugiarto SPd. Dalam sambutannya, Tolib SH berharap kemitraan yang baru dirintis dengan kelompok tani di desa Blandongan akan menjadi semacam wadah yang akan mengasah dan menggodok kemampuan anak-anak didiknya di bidang pertanian. Bertani bukanlah hal yang memalukan, bukan juga pekerjaan rendahan. Tani adalah ruhnya kehidupan bagi semua umat manusia karena manusia hidup perlu makan dan yang bisa menghasilkan bahan makanan tersebut adalah mereka yang bercocok tanam, petani. Begitulah kata Kepala sekolah yang masih melajang itu.
Dalam kesempatan yang sama hadir pula ketua kelompok tani Cihoe Bapak.Maryono, ketua kelompok tani Mulya Tani Sdr.Rianto dan ketua kelompok tani hutan bapak Tarlan. Mereka juga memberikan arahan dan pelatihan tentang bagaimana implementasi teori pertanian yang dipelajari siswa di sekolah. Terkadang bagus dalam teori namun belum tentu dalam prakteknya, begitulah kata pak Tarlan. Acara sekolah lapangan itu diakhiri dengan pemberian motivasi bahwa generasi muda tidak boleh memandang rendah sektor pertanian ” tani Yes”. (JDB-CSM )

Close

Laman