CARA MENANAM ALBI

BLANDONGAN-MENANAM ALBI/SENGON

Sebenarnya Cara Menanam Sengon Agar Cepat Besar sengon sangat sederhana dan tidak terlalu sudah. Pada tahap ini yang paling merepotkan hanya di tahun awal 1 hingga 3 tahun. Berikut ini cara menanam sengon versi blog Petani Indonesia, simak baik-baik.

1. Mempersiapkan bibit unggul

Anda bisa memilih pembibitan dengan cara membeli bibit tersebut, namun disarankan untuk membeli bibit yang siap tanam agar lebih mudah.

2. Persiapan lahan

Persiapan lahan ini dimulai dari pembukaan lahan, pembersihan lahan dengan membuat lubang-lubang untuk tanaman sengon.

3. Proses penanaman

Cara menanam sengon pada proses penanaman ini diperlukan penyangga agar pohon sengon tidak mudah roboh ketika tertiup angin.

4. Pemeliharaan

Di dalam pemeliharaan Pohon sengon, diperlukan beberapa hal seperti penggantian tanaman, penyiangan dan pemangkasan cabang pohon.

Apabila sengon Anda sudah tumbuh menjadi pohon yang besar dan kuat, maka Anda disarankan untuk memanennya. Anda bisa menjualnya di produksi kayu sengon yang tentunya mereka akan membelinya dengan harga yang tinggi. Apabila Anda tidak segera memanennya, yang dikhawatirkan adalah pohon tersebut roboh ketika musim hujan tiba dan nilai jualnya menjadi turun.

Cara menanam sengon yang sempurna yaitu apabila pohon sengon siap panen ketika sudah berusia 5 hingga 7 tahun. Pada usia tersebut, pohon sengon dapat digunakan untuk membantu aktivitas industri seperti pertukangan, kayu bakar dan pembuatan kertas. Sebaiknya sebelum memanen pohon sengon ini, diharapkan sebelumnya melakukan perencanaan seperti pembangunan jaringan angkutan, penetapan biaya keuangan, dan kebijakan keuangan. Penebangan pohon sengon dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu taktik balik, taktik arah rebah dan taktik rebah.

Karena pada penebangan pohon sengon ini dapat dilakukan dengan 3 cara, Anda harus memastikan bahwa arah rebah sudah diperhitungkan terlebih dahulu untuk menghindari kualitas pohon yang menurun. Setelah itu, melakukan pembersihan cabang, pembagian batang dan ranting dan dilanjutkan dengan proses penyadaran. Proses penyadaran ini biasanya dilakukan oleh buruh tani atau buruh yang melakukan penebangan pohon tersebut. Apabila pohon sudah rapi maksudnya sudah terbagi-bagi menjadi beberapa bagian maka kegiatan selanjutnya adalah pengangkutan dan pengelolaan menjadi barang jadi. Nah, menguntungkan buka menanam pohon sengon, untuk itu segera tanam pohon sengon Anda dengan mengikuti cara menanam sengon di atas.

Close

Laman